Minggu, 24 Oktober 2010

Mi Instant dan bahayanya

 Mi instant adalah mi yang pertama kali diciptakan oleh Momofuku Ando thun 1958, yg kemudian mendirikan perusahaan Nissin dan memproduksi mi instant pertama d dunia Chicken Ramen(ramen adalah mi khas Jepang) rasa ayam.Peristiwa penting lainnya 1971 Nissin memperkenalkan mi gelas bermerek Cup noodle. Pada mi gelas ini juga ditambahkan sayuran kering.

Sejak saat itu menurut survei, setidaknya ada 55 juta porsi mi instant dikonsumsi setiap tahunnya di seluruh dunia. Saat ini Indonesia, adalah produsen mi instant terbesar di dunia. Dalam hal pemasaran, thun 2005 Tiongkok menduduki tempat teratas, dengan 44,3 milyar bungkus, disusul dengan Indonesia dengan12,4 milyar bungkus dan Jepang dengan 5,4 milyar bungkus. Namun, Korea Selatan mengkonsumsi mi instat terbanyak per kapita, dengan rata-rata 69 bungkus per tahun, diikuti Indonesia dengan 55 bungkus dan Jepang dengan 42 bungkus.

Mi instant sifatnya praktis dan enak ini banyak disukai orang, terutama orang yg tidk memiliki banyak waktu. Tapi , perlu diketahui mi instant tidak baik. Selain kurangnya kandungan gizi, mi instant rebus perlu direbus sampai 2 kali baru proses pematangan yang benar2 baik.
Beberapa kasus akibat kegilaan seseorang dengan  makan mi instant, yg diambil dari majalah NOVA:
-Akibat kerap meninggalkan buah hatinya, Hilal Aljajira (6), Erna Sutika (32) kini harus menelan pil pahit. Usus Hilal bocor dan membusuk hingga harus dipotong. Rupanya tiap hari Hilal hanya menyantap mi instan karena di rumah tak ada orang yang memasakkan makanan untuknya.
Saat usia Hilal menginjak 2 tahun, aku memutuskan bekerja, membantu keuangan keluarga mengingat penghasilan suamiku, Saripudin (39), kurang mencukupi kebutuhan keluarga.ternyata Hilal jadi “tergila-gila” makanan itu dan akan mengamuk serta mogok makan jika tak diberi mi instan.

- Ada orang terkena kanker getah bening, berobat hampir 1 tahun di Singapore

Bahan-bahan lain yg harus diwaspadai di mi instant

1. Bumbu dan pelengkap
Vetsin/MSG. Titik kritisnya adalah pada media mikrobial, yaitu media yg digunakan utk mengembangbiakkan mikroorganisme yg berfungsi memfrementasi bahan baku vetsin. Sedangkan bahan pelengkap ada HPV yg dihidrolisasi dgn asam klorida.

2. Bahan penambah rasa

3. Minyak sayur
Berasal dari hewan atau dicampur dengan lemak hewan

4. Solid Ingredient
Tergantung dari sumber hewani yang digunakan

5. Kecap dan sambal
Kecap dapat menggunakn flavor, MSG, kaldu tulang.

Dalam hal ini, Peringatan bahwa mi instant tidak boleh dimasak bersamaan dengan bumbunya karena MSG yang terkandung di dalamnya bila dimasak di atas suhu 120 drajatC akan berpotensi menjadi Karsinogen Pembawa Kanker. Perhatikan penyajian mi instant.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar